Benarkah Olahraga Saat Kena Radang Tenggorokan Berbahaya? Cek Fakta Hidup Sehat Berikut

Benarkah Olahraga Saat Kena Radang Tenggorokan Berbahaya

Kalau kamu terbiasa menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, pasti merasa ada yang kurang kalau sehari saja tak melakukannya. Tapi, bagaimana kalau sedang mengalami radang tenggorokan?

Penyebab radang tenggorokan bisa dikarenakan infeksi bakteri atau virus. Jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan, yaitu Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sedangkan jenis virus yang menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab cacar air, dan virus penyebab campak.

Infeksi bakteri dan virus ini bisa membuatmu batuk dan demam saat radang tenggorokan. Kondisi ini tentunya mengganggu aktivitas. Lalu, apakah boleh tetap berolahraga saat tenggorokan meradang?

Olahraga saat Radang Tenggorokan, Apakah Berbahaya?
Penelitian menunjukkan bahwa olahraga intens bisa membuatmu rentan terserang radang tenggorokan. Namun, peneliti juga menyebutkan faktor lain pun dapat meningkatkan risiko terjadinya radang tenggorokan.
Olahraga berat bisa memengaruhi tubuh dan mungkin menyebabkan masalah ketika kamu mengalami radang tenggorokan. Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya :

1. Hipertermia
Olahraga bisa menyebabkan suhu tubuh naik hingga mencapai 39 derajat Celcius. Kondisi bernama hipertermia ini dapat memicu dehidrasi, keringat berlebih, kebingungan, detak jantung cepat, mual, muntah, hingga kerusakan organ dalam.
Hipertermia tentu akan memperburuk kondisimu saat sedang radang tenggorokan.

2. Dehidrasi
Meski pada suhu dingin, olahraga bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat yang kemudian membuat tubuh mendinginkan diri lewat keringat.
Kalau terus dilakukan, kondisi ini dapat mengakibatkan dehidrasi serta ketidakseimbangan elektrolit. Keduanya dapat menyebabkan tenggorokan yang sedang meradang semakin memburuk.

3. Hipoksia
Jantung dan paru-paru bisa bekerja lebih keras karena olahraga. Kondisi ini dapat menyebabkan hipoksia sementara, yakni keadaan saat kadar oksigen rendah. Apalagi kalau kamu melakukan olahraga di tempat tinggi.
Penurunan kadar oksigen dapat memperburuk kondisi kamu yang sedang radang tenggorokan. Hipoksia menyebabkan batuk terus-menerus, sesak napas, hingga menurunnya kesadaran.
Sebaiknya jangan lakukan olahraga berat saat sedang mengalami radang tenggorokan. Meski begitu, kamu tetap bisa menjalani olahraga ringan dan imbangi dengan mengonsumsi menu makan sehat.

Benarkah Olahraga Saat Kena Radang Tenggorokan Berbahaya

Sumber foto: Google

Tips Olahraga saat Radang Tenggorokan

Ada beberapa olahraga ringan hingga sedang yang bisa dilakukan saat kamu sedang radang tenggorokan. Contohnya, bersepeda, berjalan, peregangan, dan yoga.
Tips sehat lainnya saat radang tenggorokan yaitu, cobalah perlambat dan kurangi durasi olahraga. Kalau kamu biasanya bersepeda selama 30 menit setiap hari, coba kurangi jadi 15 menit. Berikut ini adalah tips olahraga ketika radang tenggorokan :

  • Lakukan latihan aerobik ringan
  • Kurangi intensitas dan durasi olahraga hingga kondisimu membaik
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Hati-hati saat latihan yang membutuhkan keseimbangan, seperti yoga. Karena biasanya, radang tenggorokan disertai dengan hidung tersumbat yang berdampak ke telinga sehingga dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.

Kondisi yang Sebaiknya Mengurangi Olahraga
Segera hentikan aktivitas olahraga saat radang tenggorokan yang kamu alami disertai dengan gejala lain, seperti sesak, kelelahan, dan demam. Sebaiknya, perbanyak istirahat dan hindari aktivitas berat hingga gejalanya mereda.
Jadi sebenarnya, olahraga saat kena radang tenggorokan boleh saja dilakukan. Asal sesuaikan dengan kondisi tubuh kamu, ya! Jangan memaksakan dan olahraga semampumu.

Tidak lupa, tetap terapkan pola hidup sehat dengan perbanyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan cukup istirahat untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Nah, agar kondisimu cepat pulih, sebaiknya pastikan selalu mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat. Tidak ada salahnya kalau kamu memasak sendiri di rumah untuk menerapkan hidup sehat. Untuk bahan makanannya kamu bisa belanja dengan lebih praktis lewat website Healthy Choice. Langsung saja beli dengan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *