Mengenal Apa Itu Assessment Kerja Di Dalam Sebuah Perusahaan

Mengenal Apa Itu Assessment Kerja Di Dalam Sebuah Perusahaan

Assessment merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh organisasi untuk melakukan evaluasi atau penilaian. Assessment bisa dilakukan oleh semua organisasi, lembaga atau perusahaan untuk menilai kinerja individu maupun team dan organisasi tersebut. Di sebuah perusahaan sendiri, assessment sering dilakukan saat ada promosi jabatan atau proses rekruitmen karyawan. Apa itu assessment dan apa manfaatnya untuk lembaga atau organisasi yang mengadakannya? Berikut ini adalah uraian untuk lebih mengenal yang disebut sebagai proses assessment di sebuah perusahaan.

Assessment bisa dikatakan sebagai proses penilaian dengan mempertimbangkan berbagai faktor untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Di sebuah perusahaan sendiri proses assessment sering dilakukan untuk menyeleksi beberapa kandidat saat ada promosi atau jabatan yang kosong. Assessment bisa dilakukan kepada karyawan yang sudah bekerja sebelumnya sebagai pengembangan karir maupun kepada calon dari luar atau calon karyawan baru. Hasil paling penting dalam assessment ini adalah untuk mendapatkan individu yang paling sesuai dengan kebutuhan jabatan yang akan diisi nantinya sehingga tercipta efisiensi kerja. Ini juga penting untuk merealisasikan semboyan The Right Man in the Right Place dan menyisihkan ketidakadilan dalam proses promosi.

Selain manfaat assessment secara umum seperti yang disebutkan di atas, assessment juga memberikan manfaat secara khusus yang berhubungan dengan kinerja karyawan dan tujuan perusahaan jangka panjang. Adapun manfaat dari proses assessment secara khusus antara lain :

Mengenal Apa Itu Assessment Kerja Di Dalam Sebuah Perusahaan

• Mendapatkan orang yang tepat sesuai dengan kriteria dan kebutuhan pada posisi tertentu.
• Melakukan penilaian terhadap karakter dan kinerja karyawan yang mengikuti assessment.
• Menerapkan keadilan dalam proses promosi sehingga meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan.
• Memiliki informasi untuk pengembangan karir karyawan di masa depan.

Di dalam sebuah perusahaan, apa itu assessment bisa diterapkan untuk beberapa tujuan. Berikut ini adalah praktek assessment di sebuah perusahaan beserta metode apa saja yang biasanya digunakan oleh team HRM saat melakukan assessment tersebut:

1. Assessment rekruitmen karyawan baru.
Proses assessment ini dilakukan untuk mencari calon karyawan baru dari masyarakat. Dalam proses ini yang perlu diperhatikan antara lain:

 Karakter dan integritas calon karyawan yang bisa dilihat dari serangkaian psiko tes yang diadakan secara tertulis.
 Kecerdasan dan kemampuan calon karyawan yang bisa dilihat dari test tertulis.
 Wawasan calon karyawan yang bisa diketahui dari proses wawancara.
 Kondisi fisik dan ketrampilan yang bisa diketahui dari wawancara dan training.

2. Assessment untuk promosi.
Proses assessment ini ditujukan untuk karyawan yang sudah bekerja maupun karyawan baru. Ditujukan untuk mengisi jabatan yang kosong di dalam perusahaan. Saat melakukan proses assessment ini team harus terlebih dahulu melakukan analisa mengenai apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan tersebut, misalnya faktor pengalaman, sifat kepemimpinan, ketelitian dan syarat lainnya. Setelah itu team assessment harus melakukan serangkaian test dengan berbagai metode yang dibutuhkan untuk menilai personality dan karakter calon yang ada. Dari hasil test dilakukan evaluasi untuk menentukan mana yang paling sesuai untuk jabatan tersebut.

Dengan adanya assessment ini perusahaan akan memiliki individu yang tepat untuk mengisi berbagai jabatan yang ada. Karena itu akan menghindarkan perusahaan dari pengeluaran yang tidak perlu seperti menggaji orang lain untuk pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan oleh seseorang yang sudah menjabat. Atau contoh lainnya adalah menghindarkan perusahaan dari ketidakefektifan atas kinerja seseorang sehingga perusahaan tidak bisa mencapai target seperti seharusnya. Namun untuk bisa melakukan assessment juga dibutuhkan pengalaman yang mumpuni agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Jika perusahaan Anda belum memiliki team yang mumpuni untuk proses assessment, Anda bisa mempercayakannya pada Prasmul-ELI. Apa itu assessment sudah menjadi hal yang sering dilakukan oleh team Prasmul-ELI di 30 tahun pengalamannya. Prasmul-ELI sudah dipercaya oleh perusahaan besar hingga BUMN untuk memberikan pelatihan di bidang bisnis pada karyawan hingga jajaran managemen termasuk melakukan proses assessment untuk proses pengembangan karir. Untuk bisa bekerja sama dengan Prasmul-ELI, Anda cukup melakukan pendaftaran secara online melalui website resminya. Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu untuk bisa membuka semua fitur yang dibutuhkan dalam melakukan pemesanan pelatihan atau assessment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *